31 August 2009

Filled Under:

Mari Mendoa'kan Orang Lain

Orang kadang berpikir, untuk apa "CAPEK-CAPEK" mendo'akan orang lain, pikirnya untuk dirinya saja belum tentu do'anya dikabulkan. Kasus tadi menurut saya sangat umum terjadi di masyarakat kita, apalagi di zaman yang serba sulit seperti sekarang. Orang yang seperti ini sangat egois. Apakah Ia di dunia ini hanya hidup sendiri ? Apakah bisa hidup tanpa bantuan orang lain ?.

Manusia adalah makhluk sosial, yang bermasyarakat dan saling berinteraksi satu sama lain. Dan bukankah kita semua ini saudara. Karena muslim yang satu dan lainnya adalah saudara. Bahkan dalam suatu hadist muslim yang satu dengan muslim yang lain tidak ubahnya seperti suatu bangunan, yang setiap muslim adalah bagian-bagian yang saling mendukung dan saling menguatkan.

Apa salah dan ruginya jika kita mendo'akan kepada saudara kita(teman, atasan, guru, rekan blogger) sesuatu yang baik. Misalkan : "Ya Allah, semoga temanku si Abdurahman dan keluarganya diberikan ketentraman dan rizki yang baik".Bukankah jika do'a kita dikabulkan oleh Allah, maka teman kita akan mendapatkan hidup yang tentram dan rizki yang baik dan tentunya akan sangat berdampak bagi kita. Teman kita tadi wajahnya akan selalu ramah, sikapnya jadi baik kepada kita dan bahkan mungkin Ia mau traktir kita (becanda). atau "Ya Allah, limpahkanlah kesehatan dan keselamatan kepada si Dosenku/Guruku" jika dikabulkan maka dosen/guru kita bisa selalu hadir mengajar dan membagi pengetahuannya kepada kita dengan baik, sabar dan ramah. Dalam sebuah hadist Nabi Muhammad SAW menjelaskan kepada kita tentang kebaikan mendo'akan orang lain.

Dari sahabat Abu Darda' r.a, bahwa Rasulullah bersabda: "Do'a seorang muslim untuk saudaranya bizhoiril-ghoib (tanpa diketahui) merupakan do'a yang mustajab (dikabulkan), (saat itu) malaikat yang diutus (Allah) berada di kepalanya, setiap kali Ia memohon kebaikan untuk saudaranya, malaikat itu mengamininya seraya berkata:"bagi kamu seperti yang kamu minta untuk saudaramu" (H.R. Muslim)


Dari hadist di atas dapat kita ambil pelajaran bahwa saat kita mendo'akan orang lain, maka kita akan mendapatkan 2 kebaikan. Yang pertama untuk saudara kita dan yang kedua untuk diri kita. Saat kita mendo'akan suatu kebaikan kepada saudara kita, maka di saat itu pula malaikat akan meng-amini do'a kita sambil mendo'akan juga kebaikan untuk kita. Misalkan kita mendo'akan "Ya Allah berilah kesehatan kepada temanku si Abdullah" maka malaikat akan mengamini dan mendo'akan juga kesehatan yang baik untuk kita.

2 comments:

  1. Amiiin... Amiiin... Amiin...

    Blognya keren sob....

    ReplyDelete
  2. nice posting arya :)

    thanks ya dh komen..

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan bijak, tapi jangan spam !