06 July 2012

Filled Under:

Bersepeda di Hutan UI, Trek Mangkok dan Nyamuk



Trek Sepeda di Hutan kota UI pasti sudah sangat akrab di telinga para goweser MTB sejagad (lebay haha), khususnya mereka yang gemar bermain lumpur dan "nge-garot" jalan tanah (off road). Sebaliknya ini adalah trek alam pertama yang kini sudah mecuri hati dan buat saya keracunan dan "nagih" untuk kembali setiap weekend. Tempatnya ada di area hutan kampus Universitas Indonesia (UI) yang notabene dekat dengan rumah, tepatnya ada di dekat Fakultas Teknik UI. Menurut keterangan dari goweser yang @juragankambing berhasil wawancarai (#gaya koran), trek mangkuk dan Nyamuk dibangun oleh Komunitas Roam (Rombongan Anak Mangkuk UI) di awal 2006 silam. "Mereka yang beresin dan buka jalannya", ujar @irvankings via twitter. Saya sendiri tau trek ini dari temen-temen di forum, padahal tiap selalu muterin UI tiap sabtu.
Start trek mangkok hutan UI - (c) http://dhanichagi.wordpress.com
Di hutan kota UI, ada dua trek sepeda, Mangkuk (bowl) dan Nyamuk. Nama mangkuk sendiri diambil dari salah satu bagian trek yang berbentuk seperti mangkuk, trek ini relatif lebih pendek dibanding trek Nyamuk (hanya sekitar 300M), tapi tetap saja tidak bisa dianggap remeh.Trek ini terdiri dari jalan tanah menurun, berbelok, menurun dengan gundukan tanah yang sangat memacu adrenalin, pokoknya sangat tepat bagi yang suka bersepeda DJ (Dirty Jump). Nah, trek yang paling membuat saya ketagihan adalah trek Nyamuk, trek XC (Cross Country) sepanjang 3,2 KM yang rutenya masuk berputar-putar dalam hutan (didominasi pepohonan karet). Di "Nyamuk" kita bisa menikmati sensasi bersepeda dia dalam hutan, menikmati jalan tanah yang berlumpur nan licin, belokan tajam, menemui pohon tumbang di tengah trek atau bahkan menikmati terpeleset masuk semak dan menabrak pohon (#hehehe). Untuk trek nyamuk, sebaiknya anda perhatikan papan penunjuk arah yang ada di dalam trek, jangan sampai hanya berputar-putar dalam hutan saja.
Foto bersama di garis finish, depan lapangan futsall. Kaos #IndonesiaTanpaJIL , Salam satu jari !
Foto bersama di garis finish, depan lapangan futsall. Kaos #IndonesiaTanpaJIL , Salam satu jari !
Untuk dapat mencapai trek-trek ini kita bisa melalui beberapa jalur.

  • Masuk lewat gerbang utama UI. Belok kanan di putaran pertama (Fakultas Psikologi), kemudian jalan lurus ikuti jalan hingga sampai Fakultas Teknik. Selanjutnya ambil kanan setelah FT. Garis start ada di sekitar situ (kurang lebih 200 M) dan biasanya kita akan bertemu dengan pesepeda-pesepeda lainnya yang biasa kumpul di depan pintu masuk trek (biasanya ramai di sabtu-minggu ).
  • Jika anda membawa mobil, bisa parkir di lapangan futsall dekat Fakultas Psikologi, nah biasanya para goweser juga berkumpul di sana.
  • Atau bisa juga sambil berputar di jalur sepeda commuter di sisi jalan UI
Singkatnya, perpaduan trek Mangkok dan Nyamuk sangat disarankan untuk goweser pemula sebelum mencicipi trek Rindu Alam atau trek-trek alam yang jauh lebih menantang lainnya. Selain itu yang tidak kalah penting adalah memastikan kondisi fisik dan sepeda anda dalam kondisi prima. Salam gowes ITJ XC !

    0 comments:

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar dengan bijak, tapi jangan spam !