28 December 2008

Filled Under: ,

Ansav Untuk Linux

Ups, jumpa lagi. Masih tetap AryaX2, masih tetap belum bekerja. Rasanya sudah lama tidak update Ansav (antivirus terbaik di Indonesia dan bahkan mungkin di dunia), karena situs Ansav tampaknya sedang dalam perbaikan. Dan saat saya mampir lagi ke situs Ansav, tampak jauh berbeda (tidak ada artikel dll), hanya ada link untuk mendownload Ansav terbaru (versi 2.0.11), update database (18.12.08) dan ada sebuah terobosan yang sangat dahsyat disini, ada Ansav versi linux.

Yang akan saya bahas di posting ini adalah Ansav versi linux. Sungguh terobosan yang sangat hebat. Saat ini tersedia dalam paket DEB yang notabene adalah file paket instalasi program aplikasi dari keluarga Debian Linux.

Nama filenya "ansav-linux-i386.deb", bisa di download di situs Ansav dan didalamnya terdapat database 908 virus (lokal dan Import). Ansav versi linux ini menggunakan mode teks dan bukan grafik (semoga dibuat versi grafik). Untuk menginstalnya cukup klik 2 kali file DEB ansav tersebut dan masukan password root atau dengan "sudo dpkg -i ansav-linux-i386.deb" bila melalui terminal konsol.

Catatan : saya menggunakan Ubuntu 8.04.1

Setelah diterpasang, untuk menggunakannya cukup jalankan terminal konsol dan masukan perintah dibawah ini :

ansav [options] [path]


Pada baris perintah diatas [Option] adalah opsi yang digunakan, sedangkan [path] alamat yang akan discanning virus.

Adapun Option yang digunakan adalah :

OPTIONS:
  • -v verbose mode.
  • -w untuk menunjukan daftar virus yang dapat ditangani dan juga menunjukan daftar dari database ansav eksternal (dbs.anv) bila ada.
  • -f memperbaiki file yang terinfeksi untuk setiap file yang terdeteksi secara otomatis
  • -d menghapus yang terdeteksi secara otomatis. Jika -f dan -d digabung (-fd) berarti akan menghapus secara otomatis file yang terdeteksi\terinfeksi bila tidak bisa diperbaiki. Tetapi opsi (-fd) tidak berfungsi untuk file yang dicurigai berbahaya (suspected), untuk itu dapat menggunakan opsi '--force-kill'
  • -r memeriksa atau scanning secara recursive atau keseluruhan folder dan subfolder.

CONTOH:

ansav -vf /media/ARYA


periksa dan perbaiki setiap file yang terdeteksi di direktori /media/ARYA

ansav -vfd /media/ARYA


periksa dan perbaiki setiap file yang terdeteksi di direktori /media/ARYA, dan hapus file jika tidak dapat diperbaiki

Pada contoh diatas hanya untuk melakukan scanning terhadap folder itu dan tidak memeriksa secara recursive (tidak termasuk scanning terhadap semua subfolder yang ada. Untuk melakukan scanning secara keseluruhan (termasuk subfolder) tambahkan opsi 'r'. Atau bila dicontohkan :

ansav -vfdr /media/ARYA


periksa dan perbaiki setiap file di seluruh folder dan subfolder yang terdeteksi di direktori /media/ARYA, dan hapus file jika tidak dapat diperbaiki



0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, tapi jangan spam !