22 October 2008

Filled Under:

Mengatasi Masalah Shutdown Ubuntu Pada Komputer Tua

Ok yang saya pakai ini adalah Ubuntu 8.04 or Hardy Heron dan mesin tua (amd athlon 4(945 mhz, sdram 384), serta tak ketinggalan musik J-Rocks (yang asli, masak udah pake linux masih pake bajakan ?). Masalah ini juga yang saya tau terjadi pada anak angkatnya ubuntu termasuk BlankOn 2/3. Masalahnya ada pada sistem bios motherboard yang sudah uzur a.k.a tua dan belum mendukung fitur Power Managemen ACPI yang baru. Untuk itu kita bisa menggunakan APM Power Management. Oh iya ACPI Power Mangemen itu katanya bisa memperkirakan berapa lama umur baterai/kapan baterai habis laptop.

Sudah dulu basa-basinya. Langsung saja :
Masalah yang paling utama adalah komputer tidak bisa mati saat di shutdown. Komputer akan berhenti pada System Halted (bahasa bule, artinya "sistem berhenti") dan akan tetap diam kecuali anda mematikan komputer secara paksa (pencet tombol power lama atau cabut kabel).

Untuk mengatasinya adalah :
1. Rubah isi konfigurasi GRUB Loader, yakni "menu.lst" dengan mengetikan sudo gedit /boot/grub/menu.lst pada terminal. Lalu akan terbuka aplikasi GEdit dengan file menu.lst terbuka didalamnya.

setelah itu tambahkan apm=on acpi=force pada kernel line. Dengan perintah tambahan tadi kita mengaktifkan APM Power Management dan menset ACPI=force. Untuk lebih jelasnya coba lihat listing berikut :

file menu.lst
## ## End Default Options ##

title Ubuntu 8.04.1, kernel 2.6.24-19-generic
root (hd0,5)
kernel /boot/vmlinuz-2.6.24-19-generic root=UUID=250ced2f-a126-456c-8e67-772072b5a89c ro quiet splash apm=on acpi=force
initrd /boot/initrd.img-2.6.24-19-generic
quiet

title Ubuntu 8.04.1, kernel 2.6.24-19-generic (recovery mode)
root (hd0,5)
kernel /boot/vmlinuz-2.6.24-19-generic root=UUID=250ced2f-a126-456c-8e67-772072b5a89c ro single
initrd /boot/initrd.img-2.6.24-19-generic

title Ubuntu 8.04.1, memtest86+
root (hd0,5)
kernel /boot/memtest86+.bin
quiet

### END DEBIAN AUTOMAGIC KERNELS LIST

Simpan perubahan yang kamu buat.

Sebenarnya sampai di sini menurut yang saya coba, komputer sudah bisa shutdown dan mati dengan tenang. Tapi untuk bisa hibernate dan suspend silahkan lanjut ke langkah selanjutnya.

2. Tambahkan "apm" pada etc/modules. Ketik pada terminal sudo gedit /etc/modules. Lalu akan terbuka aplikasi GEdit dan tambahkan apm pada baris yang masih kosong. Jangan lupa di SAVE.

3. Buat file di "etc/modprobe.d" dengan nama "power". Pada terminal ketik sudo gedit /etc/modprobe.d/power , lalu pada aplikasi GEdit tambahkan options apm power_off=1 realmode_power_off=1 , setelah itu langsung disimpan atau disave.

4 Sekarang langkah terakhir, restart komputer atau mau langsung di shutdown juga bisa.

Sebagai catatan : fungsi shutdown saat ini sudah bisa dan komputer akan mati dengan normal dan bisa di hibernate, tapi masalahnya fungsi hibernate tidak bekerja dengan normal pada komputer biasa yang menggunakan listrik AC, tetapi bekerja normal pada komputer dengan sumber listrik dari baterai seperti laptop. Tapi yang penting adalah komputer Ubuntu kita sekarang sudah bisa mati dengan tenang dan tanpa paksaan.



0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, tapi jangan spam !