13 December 2007

Filled Under:

Font Dalam HTML

Format Font dalam dokumen html berfungsi untuk mengatur bentuk tampilan huruf yang akan ditampilkan kedalam web browser. Cara penulisannya adalah.

<font [properti]>...teks...</font>

Properti dalam tag font digunakan untuk:

a. Memilih Jenis Huruf dengan Font Face
Prperti face di gunakan untuk memilih bentuk atau jenis huruf yang akan di gunakan. Penulisannya adalah seperti berikut .

<font face="bentuk huruf">...teks...</font>

Bentuk huruf yang dimaksud adalah bentuk atau jenis huruf yang akan kita gunakan dalam teks. Misalnya georgia, times new roman, arial, papyrus, verdana dan lainnya.

b. Mengatur besar huruf dengan Font Size
Properti size kita tambahkan dalam tag font untuk mengatur besar huruf yang akan ditampilkan oleh web browser. Penulisannya adalah sebagai berikut.

<font size="angka numerik/besar huruf">...teks...</font>

c. Mengatur warna huruf dengan Font Color
Properti color ditambahkan untuk memberi warna pada tulisan/teks. Pemberian warna dapat ditulis langsung nama warna dalam bahasa inggris atau bisa juga menggunakan kode heksa warna. Contoh warna Red atau #FF0000, Black atau #000000, Blue atau #0000FF dan sebagainya.

<font color="warna/kode warna">...,teks...</font>

contoh

<html>
<head>
<title>Penggunaan Heading Rata Kiri</title>
</head>
<body>
<p align="justify"><font face="georgia" size="4" color="red">Format font dalam paragraf ini adalah jenis huruf georgia, warna merah dan ukuran empat</font></p>
</body>
</html>

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, tapi jangan spam !