03 January 2010

Filled Under:

Aku Mau Seperti Ini !

"Kamu mau yang kayak apa sih ?". Sejenak pertanyaan-pertanyaan itu kembali membentur-bentur di kepalaku. Sekejap pasti bingung akan jawab apa dan apa respons dari jawabannya kelak. Kakak dan pamanku hampir selalu menanyakan pertanyaan itu. Hampir di setiap kesempatan, hampir di setiap waktu dan mungkin hampir di setiap helaan napasku. Bahkan terkadang aku kesal karena pertanyaan itu bisa berujung candaan yang agak menyindir seperti "jangan-jangan kamu gak suka cewek ya ?". Stop hentikan semua pertanyaan serupa. Baiklah aku akan jawab, seperti apa yang ku mau.

Ya, mereka memang benar. Jujur aku memang tidak suka "cewek", karena cewek adalah perempuan yang bersifat kekanak-kanakan dan cenderung bersifat hedonis. Yang aku mau adalah wanita, tepatnya wanita muslimah. Karena cinta bagiku adalah cinta yang dari dan karena Allah. Aku hanya inginkan cinta dari seorang wanita yang melabuhkan cintanya pada Allah agar semakin bertambah kekuatanku untuk mencintai Allah, aku hanya inginkan cinta dari seorang wanita yang tertaut hatinya pada Rabbnya, agar ku tidak terjerumus dalam cinta yang semu.

Soal kriteria, tidak harus cantik apalagi kaya. Karena jika seseorang mencintai karena hal tadi bagaimana jika hal-hal tersebut hilang dari diri wanita itu ? pasti wanita itu akan ditinggalkannya semudah ia menyukainya. semua pasti inginkan yang shalehah. Aku mau yang istiqamah dengan hijabnya. Aku pikir semakin panjang hijabnya semakin baik (walaupun sebenarnya tidak menjamin). Mendapatkan istri shalehah adalah idaman setiap lelaki. Karena memiliki istri yang shalehah lebih baik dari dunia beserta isinya.
''Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri shalehah.'' (HR Muslim dan Ibnu Majah).


Kira-kira kriteria wanita shalehah idaman saya adalah harus seperti/harus dapat:
  1. pertama, melegakan hati suami bila dilihat. Rasulullah bersabda,
    ''Bagi seorang mukmin laki-laki, sesudah takwa kepada Allah SWT, maka tidak ada sesuatu yang paling berguna bagi dirinya, selain istri yang shalehah. Yaitu, taat bila diperintah, melegakan bila dilihat, ridha bila diberi yang sedikit, dan menjaga kehormatan diri dan suaminya, ketika suaminya pergi.'' (HR Ibnu Majah).

  2. Kedua, amanah. Rasulullah bersabda,
    ''Ada tiga macam keberuntungan (bagi seorang lelaki), yaitu: pertama, mempunyai istri yang shalehah, kalau kamu lihat melegakan dan kalau kamu tinggal pergi ia amanah serta menjaga kehormatan dirinya dan hartamu ...'' (HR Hakim).

  3. Ketiga, mampu memberikan suasana teduh dan ketenangan berpikir dan berperasaan bagi suaminya. Allah SWT berfirman,
    ''Di antara tanda kekuasaan-Nya, yaitu Dia menciptakan pasangan untuk diri kamu dari jenis kamu sendiri, agar kamu dapat memperoleh ketenangan bersamanya. Sungguh di dalam hati yang demikian itu merupakan tanda-tanda (kekuasaan) Allah bagi kaum yang berpikir.''(QS Ar Rum : 21).


Beruntunglah bagi setiap lelaki yang memiliki istri shalehah, sebab ia bisa membantu memelihara akidah dan ibadah suaminya. Rasulullah bersabda, '
'Barangsiapa diberi istri yang shalehah, sesungguhnya ia telah diberi pertolongan (untuk) meraih separuh agamanya. Kemudian hendaklah ia bertakwa kepada Allah dalam memelihara separuh lainnya.'' (HR Thabrani dan Hakim).


Namun, istri shalehah hadir untuk mendampingi suami yang juga shaleh. Walau begitu, tidak bisa menuntut istri menjadi 'yang terbaik', sementara kita sendiri berlaku tidak baik. Untuk itu kini saatnya untuk memperbaiki dan menyiapkan diri untuk menjadi imam yang ideal bagi keluarga kita nanti.

Kalo soal pacar itu bukanlah hal yang penting bagi saya, tidak peduli apa kata dunia. Apa kata globalisasi dan tidak peduli apa kata trend. Bagiku aku cukup mengenal dan jika kurasa baik kenapa tidak untuk meng-khitbahnya.

2 comments:

  1. wah arya suka wanita sholeha ya..
    moga apa yg di harapkan dapat tercapai n bisa mendapatkan istri yg sholeha nantinya..
    amin...

    ReplyDelete
  2. ehm... maksudnya crita yg ini..??
    saya paham...
    ya,,saya sangt setuju sekali dgn pandangan kamu untk membina hidup dgn kluarga yg dapat mendekatkan diri padaNya...
    moga yg kamu harapkan dapat terwujud kelak.. amin...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan bijak, tapi jangan spam !