19 March 2009

Filled Under:

Warnet penuh virus, kelalaian atau kebodohan ?

Hampir 80% warnet yang saya kunjungi di wilayah depok, cililitan, cibubur atau jakarta dan depok pada umumnya, bervirus. Mulai dari virus dengan tingkat ancaman bahaya rendah, moderat hingga tinggi.


Ada banyak sekali fakta yang lucu disini entah mereka (para teknisi warnet) lalai, ketidaktahuan ataukah bodoh yang diantaranya adalah :
1. Komputer di proteksi dengan software DeepFreeze atau Norton GoBack padahal komputer telah bervirus. Kalau begini pasti virus akan tetap berjaya dan akan terus ada sampai hari akhir nanti (sampai komputer di instal ulang).
2. Ini yang paling jelek menurut saya, yaitu mental orang indonesia yang malas. Teknisi komputer biasanya telah menginstal full aplikasi pada satu komputer, kemudian melakukan kloning hardisk. Sayangnya kadang kala tanpa disadari atau memang tidak tahu di hardisk master tersebut sudah disinggahi oleh virus, sehingga hardisk hasil kloning juga akan bervirus.
3. Umumnya dan seharusnya hardisk akan dipartisi menjadi 2 (dua) atau lebih bagian, untuk memisahkan antara drive untuk keperluan sistem dan data. Pada kasus warnet bervirus biasanya komputer sudah bersih dan terproteksi oleh DeepFreeze sehingga direktori sistem akan aman dari kerusakan dan virus. Tetapi bagaimana dengan direktori data ?. Seorang user dengan aktifitas olah datanya mungkin berpotensi besar membawa virus yang akan menggandakan dirinya ke semua direktori di sistem komputer. Memang direktori sistem akan tetap aman setelah komputer restart ulang, tetapi tidak dengan partisi data (mungkin saja ada virus yang bersembunyi menunggu user bodoh menjalankannya).
4. Menggunakan antivirus yang tidak diupdate. Antivirus mungkin adalah satu-satunya pertahanan komputer terhadap virus. Antivirus itu seperti seorang murid yang jika tidak belajar, maka ia tidak akan mengerti. Sama halnya dengan antivirus, Jika antivirus tidak di update bagaimana ia dapat menangkap virus yang menyelinap masuk ???

Solusi untuk mengatasinya adalah :

1. Jika akan menginstalasi sistem komputer baik warnet ataupun rumahan, sebaiknya periksa apakah file instaler aplikasi kita bersih dari virus. Karena saat ini ada virus yang menyerang file berkstensi exe. Jika sudah yakin bersih anda baru dapat memproteksinya lebih lanjut.
2.Jangan malas !!!. Kerjakanlah pekerjaan anda dengan tekun dan berdedikasi tinggi serta ikhlas.
3. Jika anda sering menggunakan jasa warnet sebaiknya hati-hati dalam mencolokan flashdisk ke komputer warnet. Karena mungkin saja ada virus yang menunggu untuk anda ajak pulang.
4. Jika menggunakan warnet sebelumnya restartlah komputer warnet tersebut untuk menghindari kemungkinan infeksi virus dari komputer warnet. Karena umumnya komputer warnet diproteksi oleh DeepFreeze sehingga sistem akan kembali kekondisi awal saat diinstal.
5. Update, update, update antivirus anda. Usahakanlah menggunakan antivirus lokal buatan bangsa indonesia. Logikanya virus 95% virus yang beredar adalah virus lokal sehingga antivirus buatan lokal mungkin akan lebih banyak dan lebih tangguh dalam mendeteksi virus (karena kemudahan dalam memperoleh sample virus).
6. Berdo'a lah pada Tuhanmu.
7. Jangan punya sifat jahil dengan mengakses data, foto,film atau file yang bukan milik anda (siapa tahu yang anda buka adalah virus ???)


Virus pemakan program
Perlu diwaspadai saat ini cukup banyak virus yang menginfeksi file berekstensi exe.Salah satunyaadalah Virus yang ber-icon games winmine (games menjinakan ranjau),virus ini menyebar melalui flashdisk dan media penyimpanan lainnya. Ditambah lagi virus ini akan memakan file berekstensi exe, dengan meng-copy kan dirinya ke file exe dan akan aktif bila anda menjalankan file exe tersebut.

Virus yang satu ini akan meng-copykan dirinya ke flashdisk korban dengan nama random (acak) atau juga dengan nama winmine.exe dan dengan ekstensi exe atau pif dengan attribut super hidden .Selain itu ia juga membuat file autorun.inf yang akan menjalankan file virus setiap anda membuka flashdisk terinfeksi.

Cukup sulit menghadapinya file virus tidak dapat dihapus, walaupun dengan perintah del di command prompt, menggunakan software wiper.

Untuk dapat menghilangkannya saya sarankan anda menggunakan linux (Hapus dari linux). Karena belum ada antivirus yang mampu mengatasinya bahkan tidak terdeteksi (karena ia menyisipkan dirinya dalam file exe). Saya sudah mengirimkan sampel virus ini kepada vendor antivirus kebanggaan saya "ANSAV" lebih dari 3 kali, tetapi sampai saat ini belum dapat terdeteksi.

Jadi hati-hati jika tiba-tiba di falshdisk ada ada games winmine !.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, tapi jangan spam !