03 October 2008

Filled Under:

Hemat Listrik dengan Lampu LED

led-light-bulb.jpgTarif dasar listrik atau yang terkenal dengan TDL di Indonesia makin hari kian naik, salah satu cara untuk menyikapi hal tersebut mungkin dengan demo (protes) ke pemerintah agar TDL diturunkan, namun hal ini mungkin sulit untuk dipenuhi.
Namun cara yang kedua ini mungkin lebih mudah, yaitu dengan cara berhemat. Selain berhemat dengan cara mematikan perangkat listrik ketika tidak dibutuhkan seperti yang dikampanyekan pemerintah, Anda juga dapat berhemat dengan menggunakan perangkat listrik yang hemat energi.


Sekarang ini lampu dengan menggunakan LED makin diminati, selain hemat energi LED cenderung lebih awet dari pada bola lampu biasa, Anda dapat menggunakan lampu LED seharga $65 yang menggunakan +/- 150 LED berwarna putih dengan 308 lumen (594 lumen untuk versi frosted glass) yang menggunakan daya hanya 9.2 watt. Lampu ini cukup terang sekali, cahaya dari lampu pijar ini setara dengan lampu biasa 70 watt, berarti dengan menggunakan lampu LED ini Anda mampu berhemat sampai dengan 87% dari lampu biasa, jika setiap KWh Anda harus membayar 500 rupiah, maka untuk 9,2 KW Anda harus mengeluarkan 4.600 rupiah, sedangkan dengan 70 KW harus membayar 35.000 rupiah, cukup irit bukan?.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, tapi jangan spam !