02 December 2007

Filled Under:

Sekilas Tentang HTML

HTML merupakan dasar atau tulang punggung dalam pembuatan sebuah Web. Dalam setiap file HTML akan selalu didahului dengan tag <HTML>. Tag ini akan membuat web browser mencoba untuk membaca file yang ada didalam tag tersebut untuk ditampilkan dalam web browser. Pada akhir baris jangan lupa Anda harus selalu mengakhiri tag <HTML> dengan
Sehingga akan kelihatan bahwa pada setiap tag HTML akan selalu :

<HTML>

untuk mengakhiri :
</HTML>

Penulisan Tag HTML adalah incasesensitive. Artinya, <HTML> akan sama dengan <html> atau <Html>. Untuk selanjutnya akan dibagi menjadi 2 seksi: head dan body

Tag <HEAD>
Header akan berfungsi sebagai tanda pengenal pada halaman yang akan Anda buat. Untuk mendefinisikan header dalam tag HTML maka anda harus menambahkan <HEAD> dan </HEAD> tag di bawah tag <HTML>.

Tag <BODY>
Pada bagian body merupakan bagian dimana Anda dapat menuliskan berbagai text yang ingin Anda tampilkan pada halaman web. Untuk mendefinisikan body harus diketikan tag <BODY> dan ditutup dengan tag </BODY> dibawah tag header, sehingga akan terlihat :

<HTML>

<HEAD>
</HEAD>
<BODY>
</BODY>
</HTML>

Untuk menamai atau memberikan judul pada halaman web yang akan Anda buat maka digunakan tag <TITTLE> dan </TITTLE>. Judul ini akan terlihat pada sudut kiri atas pada halaman web. Tag <TITTLE > akan berada di dalam tag <HEAD>. Sekarang coba kamu simpan dengan nama pertama.html (inget extensinya harus htm atau html, jangan pertama.html.txt), kemudian klik 2 kali dan lihat hasil kerja kamu di web browser.

<HTML>

<HEAD>
<TITTLE>Selamat datang pada HomePage Saya</TITTLE>
</HEAD>
<BODY>
Ini halaman web pertama saya.
</BODY>
</HTML>

1 comments:

  1. ui om
    yg lbih detaiiil donk
    tu kan baru dasarnya duaaankkk
    aku tunggu lohhhh

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan bijak, tapi jangan spam !