04 June 2009

Filled Under: ,

Membuat Daftar Isi di Ms Office Word

Nih Untuk yang belum tahu .Daftar isi adalah hal yang cukup penting dalam sebuah tulisan baik itu fiksi, tesis, skripsi, e-book dan tulisan lainnya. Tujuan utamanya adalah memetakan lokasi bagian-bagian (chapter) dari tulisan yang kita buat. Sebenarnya saya sudah cukup lama tidak menggunakan Ms office word dalam pengetikan dokumen teks, karena saya telah menggunakan linux. Tapi ada saja teman yang menanyakan tentang bagaimana membuat daftar isi (table of content) menggunakan Microsoft Office Word. Walaupun sebenarnya tulisan ini mungkin sangat banyak di internet.

Yang saya jadikan contoh kali ini adalah Microsoft Office Word 2003 yang terpasang di komputer BMT. Mari simak lebih lanjut !

1. Pertama yang harus anda lakukan adalah menyelesaikan tulisan anda hingga selesai. Pada posisi ini anda tidak perlu memikirkan untuk membuat daftar isi, karena daftar isi hanya dibuat setelah tulisan telah selesai seluruhnya.

2. Jika tulisan telah selesai. Tampilkan toolbar " Outlining" dengan cara klik menu " View - Toolbars - Outlining ".


dan toolbar outlining akan muncul di toolbar anda.



3. Blok setiap judul dari tiap bagian (item) tulisan anda satu persatu sambil di definisikan level nya melalui toolbar "Show Outlining Toolbar ". Silahkan pilih levelnya sesuai kebutuhan. Tersedia level 1 sampai 9 dan body text. Pada level 1 sampai 9 semakin tinggi nilainya maka akan semakin menjorok kedalam posisi tulisan (word secara default hanya akan menampilkan sampai level 3). Pada opsi body text, text yang dipilih akan terdefinisikan sebagai teks biasa dan tidak akan tampil pada halaman daftar isi.



4. Setelah semua bagian telah terdefinisi menggunakan " Outlining Toolbar ", selanjutnya letakan pointer mouse anda di halaman kosong yang anda telah anda siapkan untuk menjadi halaman daftar isi. Klik menu " Insert - Reference - Index and Tables ", sehingga tampil jendela di bawah ini. Pilih Tab " Tabel and Contents " dan klik ok. Sekarang daftar isi telah selesai dibuat, anda dapat melakukan pengaturan-pengaturan terhadap tampilan daftar isi tersebut.


5. Jangan lupa di simpan.



0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, tapi jangan spam !