20 January 2009

Filled Under: ,

Akses Folder atau File Linux dari Windows

Assalamualikum semuanya, Iedul ADha baru aja lewat (masih berasa daging kambing nih) dan semoga semangat berkurban (dalam segala aspek) kita masih ada. Kali ini akan saya bahas mengakses file atau drive di linux dari komputer windows.

Seperti yang kita tahu, setiap sistem operasi memiliki file system tersendiri. Misalnya pada Windows kita mengenal file system fat, fat16, fat32 dan ntfs. Di Linux kita punya antara lain ext2, ext3 dan reiserfs. Setiap file system tadi tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, sehingga dalam memilih file system kita harus membandingkannya mana yang lebih baik secara umum.

Saat kita menggunakan Linux dan ingin mengakses file di linux tadi melalui windows (asumsikan anda dual-boot windows dan linux)baik itu dari file system ext2, ext3. Kita dapat menggunakan software Ext2Fsd, software yang gratis, open source dan juga stabil. Dapat dijalanlkan di sistem operasi windows nt, xp, vista. Dengan menggunakan Ext2Fsd kita tak hanya dapat melakukan pembacaan (read) tapi juga dapat menulis (write) di file system linux tadi.

Berikut adalah cara mengakses file system linux (dalam tulisan ini file system ext3 dan di atas Ubuntu 8.04) di windows xp dengan menciptakan partisi baru yang isinya adalah file system/drive linux yang kita tuju.

  1. Setelah diinstal, kita jalankan ExtFsd. Kita akan di hadapkan pada jendela yang berisi drive letter baik itu windows maupun linux.
  2. Pilih file system/drive di linux yang ingin kita akses. kemudian klik kanan dan pilih "Change Drive Letter".
  3. Anda sekarang dihadapkan pada jendela "Change Drive Letter" dan untuk menambahkan mountpoint/partisi dari drive linux yang anda tuju, klik tombol "Add".
  4. Kini anda pilih drve letter yang anda mau dengan menekan drop down menu (misalnya M:). Lalu klik Tombol "Ok".
  5. Setelah langkah tadi, anda diminta untuk merestart ulang system agar partisi baru itu dapat digunakan.
  6. Setelah windows restart, Silahkan buka My Computer dan anda kini dapat melihat ada drive baru (M:\). Drive/Partisi baru itu dibuat dari partisi linux tadi.

Sekarang terserah anda, mau membaca file atau membuat file/folder di partisi baru tersebut.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, tapi jangan spam !